Selasa, 22 Maret 2016

“Descendants of the Sun” bangkitkan minat sekarat drama Hallyu di Jepang



Drama KBS2 “Descendants of the Sun” kembali meningkatkan minat sekarat drama Hallyu di Jepang.

Menurut perwakilan industri hiburan, “Descendants of the Sun” telah dijual ke Jepang untuk sekitar $ 100.000 per episode. 16 episode “Descendants of the Sun” memiliki tag harga hampir 2 miliar won (sekitar $ 1.7 juta). Ini menandakan rebound dari penurunan mendadak dalam jumlah dimana perusahaan Jepang bersedia untuk menghabiskan dana pada drama Korea dalam tiga tahun terakhir.

Dengan "Winter Sonata" sebagai katalis kembali pada tahun 2002, Jepang adalah pasar terbesar bagi Hallyu selama hampir 10 tahun, dengan perusahaan penyiaran Jepang yang sengit memperjuangkan hak-hak publikasi berbagai drama Hallyu. Berkat ini, biaya hak-hak ini juga meningkat tajam.

Baik di luar $ 100.000, rata-rata harga per episode untuk drama Korea adalah sekitar $ 200.000 hingga 2012, ketika "Love Rain" yang dibintangi Jang Geun-seok, diekspor sebesar $ 300.000. Namun, produksi kurang memuaskan dan drama itu dianggap sebagai kegagalan, baik di dalam negeri (Korea Selatan) dan luar negeri di Jepang, menyebabkan penurunan cepat dalam popularitas drama Korea di Jepang. Drama lain selain "Love Rain" juga dilihat sebagai kekecewaan, menambah trend penurunan ini.

Pada tahun 2012, dalam menanggapi partisipasi Song Il-gook di acara renang mempromosikan klaim Korea Selatan untuk Dokdo Island, Menteri Luar Negeri Jepang pada saat itu memberikan pernyataan melalui siaran, "Maaf, tapi itu akan sulit baginya untuk memasuki Jepang. Kami berpikir untuk mewakili perasaan masyarakat Jepang secara keseluruhan". Acara kontroversial ini juga memberikan kontribusi terhadap penurunan tajam dalam ketertarikan Jepang dalam drama Hallyu.

Setelah ini, harga ekspor Jepang untuk drama Korea jatuh di bawah $ 100.000, dan telah terjebak dalam kisaran lima angka untuk tiga tahun terakhir.

Di tengah situasi seperti itu, “Descendants of the Sun” dengan popularitas domestik sebagai tulang punggung, telah berhasil memecahkan trend ini, menyenangkan banyak pihak di industri drama.

Salah satu industri  perwakilan negara menyatakan, "Setelah popularitasnya meledak di Korea Selatan dan China, pembeli Jepang ingin menjadi yang pertama untuk membeli 'Descendants of the Sun'. Karena itu dibintangi aktris Hallyu Song Hye-gyo dan Song Joong-ki yang baru saja beres wamil, serta memiliki respon positif bahwa itu adalah menghibur, drama ini memiliki harga yang semakin mahal, dan persaingan di antara pembeli menjadi lebih sengit".

Perusahaan penyiaran mengharapkan drama SBS "Daebak" yang dibintangi Jang Geun-seok yang akan premiere pada 28 Maret 2016, juga membantu dalam kebangkitan popularitas drama Korea di Jepang.







Cre : http://www.soompi.com/2016/03/13/descendants-of-the-sun-sold-to-japan-in-biggest-deal-in-three-years/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

imoetkorea

Related Posts with Thumbnails